Langsung ke konten utama

Landasan Psikologis Kurikulum

Psikologi berkaitan dengan pertanyaan tentang bagaimana orang belajar, dan spesialis kurikulum mempertanyakan bagaimana psikologi dapat berkontribusi pada desain dan penyampaian kurikulum. Dengan kata lain, bagaimana spesialis kurikulum dapat menggabungkan pengetahuan psikologis untuk meningkatkan kemungkinan bahwa siswa akan belajar? Psikologi memberikan dasar untuk memahami proses belajar mengajar. Kedua proses tersebut penting bagi para kurikuler karena kurikulum hanya bermanfaat ketika siswa belajar dan mendapatkan pengetahuan. Pertanyaan lain yang menarik bagi psikolog dan spesialis kurikulum adalah sebagai berikut: 

  1. Mengapa siswa menanggapi upaya guru seperti yang mereka lakukan? 
  2. Bagaimana pengalaman budaya mempengaruhi pembelajaran siswa? 
  3. Bagaimana seharusnya kurikulum diatur untuk meningkatkan pembelajaran?
  4. Apa dampak budaya sekolah terhadap pembelajaran siswa? 
  5. Bagaimana tingkat partisipasi siswa yang optimal dalam mempelajari berbagai isi kurikulum?

Tidak ada pakar kurikulum atau praktisi yang menyangkal pentingnya landasan psikologis ini. Semua setuju bahwa mengajar mengenai kurikulum dan mempelajarinya saling terkait, dan psikologi memperkuat hubungan itu. Bidang inkuiri yang disiplin ini memberikan teori dan prinsip pembelajaran yang mempengaruhi perilaku guru-siswa dalam konteks kurikulum. John Dewey tahu bahwa psikologi adalah dasar untuk memahami bagaimana siswa berinteraksi dengan pelajaran dan orang-orang.

Prosesnya berlanjut sepanjang hidup, dan kualitas interaksi menentukan jumlah dan jenis pembelajaran. Ralph Tyler menganggap psikologi sebagai "layar" untuk membantu menentukan apa tujuan kita dan bagaimana pembelajaran kita berlangsung. Baru-baru ini, Jerome Bruner menghubungkan psikologi dengan cara berpikir yang mendasari metode yang digunakan dalam disiplin ilmu tertentu. Metode ini dapat digunakan untuk merumuskan konsep, prinsip, dan generalisasi yang membentuk struktur disiplin ilmu. Singkatnya, psikologi adalah elemen pemersatu dari proses pembelajaran. Psikologi membentuk dasar untuk metode, materi, dan kegiatan pembelajaran, dan memberikan dorongan bagi keputusan  dalam pengembangan kurikulum.


Secara historis, teori utama pembelajaran telah diklasifikasikan menjadi tiga kelompok:

  1. Teori behavioris atau asosiasi, kelompok tertua, yang berhubungan dengan berbagai aspek stimulus-respons (S-R) dan penguat;
  2. Teori pemrosesan informasi kognitif, yang memandang pelajar dalam kaitannya dengan seluruh lingkungan dan mempertimbangkan cara pelajar menerapkan informasi; dan
  3. Teori fenomenologi dan humanistik, yang mempertimbangkan keseluruhan anak, termasuk perkembangan sosial, psikologis, dan kognitifnya. Ketika teori behavioris dibahas secara terpisah, pembelajaran cenderung berfokus pada pengkondisian, modifikasi, atau pembentukan perilaku melalui penguatan dan penghargaan.

Ketika teori pemrosesan informasi kognitif ditekankan, proses pembelajaran berfokus pada tahap perkembangan siswa dan berbagai bentuk kecerdasan serta pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan kreativitas. Aspek fenomenologis dari pembelajaran berhubungan dengan kebutuhan, sikap, dan perasaan siswa dan memerlukan lebih banyak alternatif dalam pembelajaran.


Sumber: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues 7 Edition. London: Pearson

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Model Connected pada Materi Ekosistem

  Skema pembelajaran Ekosistem dengan model  Connected Untuk menggunakan model Connected dalam membuat hubungan antara topik (atau konsep atau unit) lebih eksplisit, mula-mula identifikasi dua topik yang diajarkan dalam urutan tertentu (Fogarty, 2009). Dengan menggunakan  template  untuk model  Connected , maka dapat dibuat keterkaitan antar konsep, unit, bahkan keterampilan dalam pelajaran Ekosistem pada gambar. Materi Ekosistem memiliki kompetensi dasar (KD) untuk  menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang Ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung di dalamnya. Dalam pembelajaran Ekosistem yang disusun, penulis memilih topik ‘Komponen Penyusun Ekosistem’ untuk dibahas pada pertemuan pertama sehingga peserta didik dapat memahami konsep abiotik dan biotik terlebih dahulu. Pertemuan kedua, pendidik membahas topik ‘Aliran Energi dalam Ekosistem’ untuk menganalisis interaksi yang terjadi antar komponen biotik dalam rantai makanan. Ide ini mu...

Teori Penguatan oleh Ahli Perilaku

Banyak psikolog kontemporer percaya pada prinsip-prinsip respons-stimulus dasar tetapi menolak pandangan mekanistik yang kaku dari Thorndike dan Watson. Para asosiasi kontemporer ini disebut "neobehavioris".  Menurut salah satu neobehavioris, Clark Hull, keterkaitan antara stimulus dan respons ada hubungannya dengan dorongan dan penghargaan. Dorongan adalah tekanan yang timbul dari kebutuhan biologis atau psikologis seseorang. Penghargaan adalah pemenuhan kebutuhan atau pengurangan dorongan. Pengondisian ( conditioning ) terjadi dengan bertindak atas individu saat dia mengalami dorongan ini dan rangsangan yang mengarah pada respons pengurangan dorongan tertentu. Idenya adalah untuk memperkuat koneksi respons-stimulus yang mengurangi dorongan. Pengalihan dorongan mengarah pada penghargaan, atau penguatan. Penghargaan (penguatan) koneksi ini sesuai dengan hasil pengurangan dorongan dalam organisasi perilaku yang disebut kebiasaan ( habit ). Penting bagi orang tersebut untuk me...

Koneksionisme dalam Psikologis Kurikulum

Edward Thorndike (1874-1949), salah satu orang Amerika pertama yang menguji proses pembelajaran secara eksperimental, dianggap sebagai pendiri psikologi perilaku. Di Harvard, Thorndike memulai karyanya dengan hewan, suatu eksperimen yang juga diadopsi oleh ahli perilaku lainnya. Thorndike berfokus pada pengujian hubungan antara stimulus dan respons (pengkondisian klasik). Dia mendefinisikan belajar sebagai pembentukan kebiasaan, yaitu menghubungkan sebanyak-banyaknya kebiasaan ke dalam struktur yang kompleks. Pengetahuan dihasilkan dari akumulasi asosiasi respons-stimulus dalam struktur yang kompleks ini. Pengetahuan dasar terdiri dari pengelompokan komponen sederhana dari suatu keterampilan atau pengetahuan. Ketika seseorang memperoleh unit asosiasi yang lebih rumit, seseorang mencapai pemahaman yang lebih canggih. Thorndike mendefinisikan pengajaran sebagai mengatur ruang kelas untuk meningkatkan koneksi dan asosiasi yang diinginkan. Thorndike mengembangkan tiga hukum utama pembela...