Langsung ke konten utama

Koneksionisme dalam Psikologis Kurikulum

Edward Thorndike (1874-1949), salah satu orang Amerika pertama yang menguji proses pembelajaran secara eksperimental, dianggap sebagai pendiri psikologi perilaku. Di Harvard, Thorndike memulai karyanya dengan hewan, suatu eksperimen yang juga diadopsi oleh ahli perilaku lainnya. Thorndike berfokus pada pengujian hubungan antara stimulus dan respons (pengkondisian klasik). Dia mendefinisikan belajar sebagai pembentukan kebiasaan, yaitu menghubungkan sebanyak-banyaknya kebiasaan ke dalam struktur yang kompleks. Pengetahuan dihasilkan dari akumulasi asosiasi respons-stimulus dalam struktur yang kompleks ini. Pengetahuan dasar terdiri dari pengelompokan komponen sederhana dari suatu keterampilan atau pengetahuan. Ketika seseorang memperoleh unit asosiasi yang lebih rumit, seseorang mencapai pemahaman yang lebih canggih. Thorndike mendefinisikan pengajaran sebagai mengatur ruang kelas untuk meningkatkan koneksi dan asosiasi yang diinginkan.

Thorndike mengembangkan tiga hukum utama pembelajaran: (1) hukum kesiapan (law of readiness) — ketika unit "konduksi" siap untuk dijalankan, konduksi berjalan dengan memuaskan dan konduksi mengganggu akan berkurang; (2) hukum latihan (law of exercise) — hubungan diperkuat secara proporsional dengan frekuensi dan intensitas rata-rata serta durasinya; dan (3) hukum pengaruh (law of effect) — tanggapan yang disertai dengan kepuasan hati yang memperkuat hubungan; respons yang disertai ketidaknyamanan dapat melemahkan koneksi.

Hukum Kesiapan (law of readiness) menyarankan bahwa, ketika sistem saraf siap untuk bekerja, hal itu menuntun pada keadaan yang memuaskan; beberapa pendidik salah mengartikan ini sebagai merujuk pada kesiapan pendidikan, seperti kesiapan untuk membaca. Hukum Latihan (law of exercise) memberikan pembenaran untuk latihan, pengulangan, dan tinjauan dan paling baik diilustrasikan saat ini dengan modifikasi perilaku dan pendekatan instruksional keterampilan dasar. Meskipun guru menggunakan penghargaan dan hukuman selama berabad-abad sebelum perumusan Hukum Pengaruh (law of effect), teori Thorndike membuat lebih eksplisit dan membenarkan apa yang sedang dilakukan. Model perilaku oleh B. F. Skinner, instruksi langsung, dan banyak ide saat ini berdasarkan pada memberikan pengalaman yang memuaskan kepada pelajar, serta penguatan dalam bentuk umpan balik, berakar pada hukum ini.

Thorndike berpendapat bahwa (1) perilaku dipengaruhi oleh kondisi belajar; (2) sikap dan kemampuan pelajar dapat meningkat dari waktu ke waktu melalui rangsangan yang tepat; (3) pengalaman instruksional dapat dirancang dan dikendalikan; dan (4) penting untuk memilih rangsangan dan pengalaman belajar yang terintegrasi, konsisten, dan saling menguatkan. Bagi Thorndike, tidak ada satu subjek yang lebih mungkin dibandingkan subjek lain untuk meningkatkan pikiran; sebaliknya, pembelajaran adalah masalah yang menghubungkan pembelajaran baru dengan pembelajaran sebelumnya. Dia mendefiniskan "psikologi" dari disiplin mental, dengan menyatakan bahwa tidak ada hierarki materi pelajaran.


Sumber: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues 7 Edition. London: Pearson

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Model Connected pada Materi Ekosistem

  Skema pembelajaran Ekosistem dengan model  Connected Untuk menggunakan model Connected dalam membuat hubungan antara topik (atau konsep atau unit) lebih eksplisit, mula-mula identifikasi dua topik yang diajarkan dalam urutan tertentu (Fogarty, 2009). Dengan menggunakan  template  untuk model  Connected , maka dapat dibuat keterkaitan antar konsep, unit, bahkan keterampilan dalam pelajaran Ekosistem pada gambar. Materi Ekosistem memiliki kompetensi dasar (KD) untuk  menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang Ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung di dalamnya. Dalam pembelajaran Ekosistem yang disusun, penulis memilih topik ‘Komponen Penyusun Ekosistem’ untuk dibahas pada pertemuan pertama sehingga peserta didik dapat memahami konsep abiotik dan biotik terlebih dahulu. Pertemuan kedua, pendidik membahas topik ‘Aliran Energi dalam Ekosistem’ untuk menganalisis interaksi yang terjadi antar komponen biotik dalam rantai makanan. Ide ini mu...

Modifikasi Model Project Based Learning (PjBL) untuk Melatih Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Sains

  A.     Project Based Learning (PjBL) Project-based Learning  (PjBL) adalah model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik dalam memecahkan masalah. Dalam pelaksanaannya di kelas, peserta didik belajar melalui pembuatan suatu proyek atau produk yang berkaitan dengan topik pembelajaran. Pembuatan produk dapat dilakukan secara berkelompok/mandiri melalui tahapan ilmiah dengan batasan waktu tertentu yang dituangkan dalam sebuah produk. Pengguaan PjBL dengan metode diskusi kelompok melibatkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi peserta didik. Sebagai model pembelajaran, PjBL memiliki karakteristik antara lain: a.        Penyelesaian proyek atau produk dilakukan dari tahap perencanaan, penyusunan, hingga pemaparan produk; Penyelesaian proyek atau produk dilakukan dari tahap perencanaan, penyusunan, hingga pemaparan produk; Peserta didik bertanggung jawab penuh terhadap proyek yang akan dihasilkan; Proyek dapat melibatkan...

Dampak Model Learning Cycle (5E) pada Kompetensi 6C

  A.     Learning Cycle 5 Fasa (5E) 1.       Engagement (Keterlibatan) Keterlibatan (engagement) adalah waktu ketika guru berada di tengah kegiatan pembelajaran. Guru menciptakan masalah, menilai pengetahuan awal siswa, membantu siswa membuat hubungan, dan menginformasikan melangkah ke tahap selanjutnya. 2.       Exploration (Eksplorasi) Siswa mengumpulkan data untuk memecahkan masalah. Guru memastikan para siswa mengumpulkan dan mengatur data mereka untuk memecahkan masalah.  Selama eksplorasi para siswa belajar melalui aksi dan reaksi mereka sendiri dalam situasi baru. Eksplorasi juga membawa para siswa pada identifikasi suatu pola keteraturan dalam fenomena yang diselidiki. Penerapannya dapat diuraikan sebagai berikut: Siswa mengidentifikasi objek-objek yang menarik, kejadian-kejadian atau situasi yang dapat diobservasi siswa-siswa. Pengalaman ini dapat terjadi dalam ruangkelas, laboratorium atau lapangan . Pe...